Revitalisasi Situs Kuno di Candi Plaosan

Revitalisasi Situs Kuno di Candi Plaosan

Klaten – Sudah 2 bulan ini telah dilakukan revitalisasi situs kuno Candi Plaosan Lor, sejak September hingga Oktober sekarang. Selasa (4/10) Proses ekskavasi di sekitar kompleks persawahan dusun Plaosan, Bugisan ini masih terus dilakukan. Hal ini karena disinyalir benda purbakala temuan terbaru tersebut adalah batu pagar berikut parit candi Plaosan Lor.
“Sementara, menurut data yang ditemukan di area kotak A5 No 33 ditemukan data struktur pagar yang terbuat dari batu putih yang masih utuh berada di tempat galian” terang Staff Pemugaran BP3 Jateng Kardoyo.
Kardoyo juga mengatakan,” Struktur tanah paling atas ditemukan mengandung tanah humus lanjut di bawahnya mengandung tanah pasir lalu baru ditemukan semacam pondasi kotak-kotak batu putih berbentuk pagar kedalaman 4 m.
Kondisi batu itu masih tersusun rapi. Di atasnya masih terlihat ada timbunan tanah persawahan. Hal ini membuktikan dahulu saat erupsi merapi pada berabad-abad lalu mampu mengubur situs candi tersebut. Hal itu mendukung fakta bahwa di area tersebut masih termasuk kompleks situs candi Plaosan Lor.

Disela-sela jam istirahat, Staff Security Candi Plaosan Lor, Rusbardal mengatakan,” Memang menurut data di lapangan, batu putih tersebut adalah pagar yang mengelilingi kompleks area candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul”. “Jadi di dalam parit terdapat pagar yang melindungi area candi Plaosan Lor maupun kidul,” tambahnya.
Sampai kini, BP3 Jateng berupaya melaksanakan pemugaran temuan pagar Candi Plaosan hingga tuntas. Lokasi letak parit bagian utara masih dalam tahap penelitian oleh tim ekskavasi Staff Pemugaran BP3 Jateng.
Penelitian tersebut mencari letak kesamaan batuan yang sama dengan batuan parit yang sudah ditemukan di bagian barat, timur dan selatan. Hal itu digunakan untuk mencocokkan kondisi batuan parit yang menggunakan batu kali hitam.
Masyarakat sekitar Plaosan, Bugisan, Klaten menyadari penemuan baru ini tidaklah mengherankan, karena sebelumnya pernah juga ditemukan parit di bawah pekarangan rumah dan persawahan mereka. Parit yang ditemukan di bagian barat, timur dan selatan berkisar panjang 9 m dengan kedalaman 4 m.
Dengan ditemukannya pagar di bagian utara maka akan memperjelas keberadaan keutuhan situs Candi Plaosan Lor maupun Plaosan Kidul seperti peta denah situs Candi Plaosan yang dibuat oleh BP3 Jateng.
Meskipun penggalian memakan waktu yang lama karena kendala dana, diharapkan BP3 Jateng mampu bekerja sama lebih baik lagi dengan Pemkab Klaten untuk merevitalisasi situs kuno Candi Plaosan Lor agar cepat selesai dan menampakkan pagar dan parit yang ditemukan.
Penemuan terbaru tersebut menggugah rasa ingintahu warga sekitar baik dari masyarakat Klaten maupun luar Klaten sehingga berdatangan untuk melihat situs pagar batu putih yang ditemukan di area persawahan dusun Plaosan, Bugisan tersebut.

(Syaiful Hermawan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s