Revitalisasi Sarana Prasana Menuju Objek Wisata.

Revitalisasi Sarana Prasana Menuju Objek Wisata.
Jalanan Rusak diperbaiki
Prambanan – Di daerah kawasan Prambanan, kaya akan potensi wisata, khususnya objek wisata candi. Candi yang biasa dikunjungi yakni candi Prambanan, Boko. Namun yang lain seperti Candi Barong, Candi Ijo, Candi Kemiri dan candi lainnya belum banyak diminati.
Selain itu desa Sambirejo Sumberwatu dengan “Gantole”, desa wisata Plempoh, desa wisata Dome, desa Nawung belum dilirik oleh wisatawan maupun warga sendiri. Tidak dimungkiri hal itu dikarenakan akibat fasilitas yang minim dan terutama akses jalan yang kurang memadai, yakni kerusakan badan jalan, banyak lobang. Hal itulah menjadi kendala dalam memajukan potensi wisata di daerah Prambanan.
Tidak heran warga akan bosan berkunjung ke sana. Untuk merevitalisasi sarana prasaran tersebut, Camat Prambanan Sukamto mengatakan ada baiknya perhatian dan kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk memajukan desa wisata dan candi tersebut. Dalam hal bisa seperti pembuatan event-event atau acara hiburan yang bertujuan mengundang warga atau wisatawan agar mau berkunjung ke objek wisata tersebut.

Masalah tentang revitalisasi prasarana jalan itu sangat penting, hal ini masih terus dilaksanakan yakni sampai 2011 ini. “Proses pengaspalan sudah dilakukan dari daerah Sumber watu, sampai ke jalan masuk Candi Barong, yang akan datang awal 2012 pengaspalan akan dimulai dari jalanan Gunung Cilik terus naik ke Candi Ijo, “ terang Sukamto kepada Radar Jogja kemarin (26/10).
Jika jalanan sudah beraspal, dan tidak berlobang, hal itu akan menarik warga untuk mendatangi objek wisata itu
“Dengan begitu kalau jalannya bagus, warga tidak akan bosan mendatangi wisata itu, dan malah bisa ikut pastisipasi menjual souvenir atau berdagang, sehingga mampu menaikkan ekonomi daerah itu sendiri,” ujarnya.
“Jadi selain kita punya potensi wisata di Candi Roro Jongrang, ada candi lain yang kurang diberdayakan, seperti di Boko dan Barong belum ada pedagang Suvenir,” tambahnya.
Kedepan, potensi wisata di Prambanan itu akan dilanjutkan dalam hal revitalisasinya yakni bisa pada prasarananya maupun mental dari masyarakatnya itu sendiri. Sehingga mampu menaikkan ekonomi masyarakatnya dan apresiasi terhadap budaya local di kawasan ini.
Syaiful Hermawan /c11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s