Rekam Jejak Sosok HZ

Rekam Jejak Sosok HZ

JOGJA – Satu lagi buku hadir tentang sosok yang piawai menjadi teladan dalam kepemimpinannya. Menurut HZ pemimpin adalah pelayan yang harus melayani, mengayomi semua yang mengakui kepemimpinannya. ”Herry Zudianto Pak Walikota yang Besar Kepala” karya Ismawati Retno diluncurkan pada (20/12) di Balaikota Yogyakarta. Buku yang diterbitkan oleh penerbit Gelar, Desember 2011 tersebut menjadi hadiah bagi HZ atas kinerjanya selama memimpin Jogjakarta.

“Herry Zudianto patut disebut sebagai sosok walikota yang ‘besar kepala’, beliau orang yang cerdas, pintar dan lihai dalam menerapkan kebijakan-kebijakan sebagai kepala pelayan masyarakat,” ujar Ismawati.

”Ada pengalaman saya hingga saya menyebut beliau sebagai sosok yang ’besar kepala,” ujar Ismawati. Diksi itu saya pilih karena saya begitu terkesan ketika suatu ketika Di sebuah acara beliau lupa mengenakan kopiah. “Saya diminta untuk mencarikannya dalam waktu singkat, beberapa peci dicoba ternyata ukurannya selalu kurang besar,” paparnya. “Baru pada kopiah ketiga yang saya tidak menyangka sama sekali ukurannya sebesar itu barulah pas sesuai ukuran kepala beliau. Saya tidak mengira samasekali, Pak Hazet yang berperawakan kecil-sedang ternyata berbesar kepala,” tandasnya sambil tersenyum.

Buku ini terdiri atas dua bagian, bagian A berisi tentang berbagai kebijakan HZ selama sepuluh tahun melayani Kota Yogyakarta. Pemikiran, gebrakan dan inovasi HZ dalam berbagai bidang terurai lengkap. ”Diantaranya ide tentang pendidikan, segosegawe, segoro amarto, dan keselarasan terhadap lingkungan,” ujar staf Humas Pemkot Jogjakarta tersebut.
Penghormatan HZ terhadap perempuan juga terlihat jelas, pandangan terhadap semangat kebangsaan dan makna kemerdekaan, serta cara HZ mengartikulasikan keistimewaan DIY. ”Bagian ini juga mengulas tindakan Pak HZ untuk membangun pemerintahan yang baik dan bersih, mengajak jajarannya untuk bekerja dengan hati, hingga beliau terpilih sebagai kepala daerah terbaik pada 2010,” tambahnya.

Bagian B lebih memotret Pak HZ dari sisi luar yakni mengulas tentang kecintaan warga Jogja selama dipimpin HZ dan ide pengolahan sampah agar Jogja tetap hijau dan nyaman.
Tak perlu diragukan lagi kepiawaian penulis dalam merekam jejak HZ karena selama kurun 6 tahun terakhir sehari-hari banyak bersinggungan langsung dengan tugas kegiatan walikota dan penerapan kebijakannya di masyarakat.
“Saya tergerak untuk mengabadikan pemikiran, gagasan inovatif, dan kebijakan beliau yang saya rekam dan alami secara langsung ketika menjalankan tugas sebagai staf humas yang sayang jika tidak ditulis menjadi sebuah buku,” terangnya kepada Radar Jogja.

”Satu hal yang saya ingat dari pesan beliau, yakni “tulis apa adanya saja nggak usah ada kamuflase”, hal itulah semakin meneguhkan niat saya untuk segera menyelesaikan buku ini dengan apa adanya tanpa beban,” tambahnya.
Buku ini merupakan rekam jejak selama sepuluh tahun Herry Zudianto mengemban amanah sebagai kepala pelayan masyarakat Kota Yogyakarta, sekaligus mengungkap sisi lain dari Herry Zudianto yakni sisi humanisme Herry Zudianto tentang berbagai nilai-nilai dan spirit budaya lokal yang selama ini ditumbuhsuburkan dalam kehidupan masyarakat Kota Yogyakarta terungkap dengan bahasa yang lugas dalam buku tersebut. (ful)

SYAIFUL HERMAWAN /Radar Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s