Mobilisasi Warga Sukseskan E-KTP

Mobilisasi Warga Sukseskan E-KTP 2011
Berbah – Pendataan E-KTP di Kecamatan Berbah masih berlanjut pada Selasa (18/10). Warga Sendangtirto berdatangan mendaftarkan diri. Pelayanan E-KTP ini dibuka dari hari Senin hingga Jumat. Mulai pukul 08.00 sampai 17.30 WIB.
Kasi Pelayanan Umum Berbah Suparhadi Katana mengatakan pendataan E-KTP sudah dimulai sejak ujicoba dari (21/9) hingga (5/10) lalu. Sampai dengan hari ini warga Sendangtirto yang sudah direkam E-KTP mencapai 2.012 jiwa. Dengan alat perekam terdiri dua unit. Operator perekaman E-KTP terdiri dari Hartoyo, Budi Rahayuningsih, Salis Finnahari, M.Arif Rahman, dan Dwi Ari Winanti.
“Warga kami yang termasuk wajib E-KTP mencapai 37.879 jiwa, dengan jumlah 19 352 KK,” ujar Suparhadi kepada Radar Jogja. Hal ini dikarenakan jumlah operator dan alat perekam E-KTP tersebut.
“Sementara ini ada dua unit alat, harapannya bisa ditambah alat dan tenaga operator, dua unit lagi menjadi empat unit dan beberapa tenaga OP agar bisa mempercepat proses pendataan E-KTP ini,” terangnya.

Selain itu, Sekertaris Kecamatan Berbah Wildan Solichin mengatakan warga harus selalu dimobilisasi kepala dukuh dengan intens agar memudahkan pendaftaran E-KTP ini. Dua unit alat perekam E-KTP di Berbah tidak ada persoalan.
Terdapat sedikit kendala pada proses perekaman yakni pada orang tua lansia yang irisnya sudah keriput, terpaksa melotot dan menunggu sampai iris terdekteksi. Selain itu, sidiknya yang terlalu halus, kulit pecah-pecah atau kulit jari yang kapalan sulit terdeteksi. Hal itu harus mengulangi sampai sidik jari dan iris terekam dalam database E-KTP.
“1 jam saja, alatperekam kira-kira bisa digunakan untuk mendata 24 orang dengan durasi waktu per orang 5-10 menit,” ujar Wildan Solichin kepada Radar Jogja.
Bila warga yang masih muda lebih mudah hingga durasi waktu 5 menit sudah bisa terdata, namun untuk pada orangtua lansia biasanya membutuhkan waktu 10 menit untuk persiapan dan pengulangan jika tidak terekam alat E-KTP.
Antusias warga Berbah yang ikut E-KTP terlihat pada satu hari saat pendataan E-KTP untuk warga dusun Jogotirto mencapai 230. Padahal satu hari ditarget sampai 216 jiwa. “Warga yang membludak seperti itu, tadinya kami kewalahan dengan operator dan alat yang tersedia,” ujar Wildan Solichin.
“Namun akhirnya semua bisa diatasi, alat perekam juga lancar pada Kamis kemarin, ” terang Wildan Solichin yang juga warga asli Tulungagung tersebut.
“Untuk sementara saat ini, kami memakai alat dua unit lancar dan tak ada persoalan. Namun untuk mengantisipasi warga yang membludak lagi, penambahan alat E-KTP bisa ditambah juga jika dari Pusat sudah siap menyediakannya,” tambahnya.
“Harapan di 2012 nanti wajib hukum EKTP diteruskan dengan perlakuan sama seperti sekarang ini, yakni gratis,” Terang Sekertaris Kecamatan Wildan Solichin yang juga tinggal di Sewon tersebut.
Data dikirim ke pusat Depdagri Admindup dan masih menunggu hasil keputusan pencetakan E-KTP selanjutnya. Target pendataan E-KTP sampai akhir 2001 mendatang di Kecamatan Berbah mencapai 14. 472 jiwa. “Dengan syarat ada mobilisasi dari perangkat desa kecamatan berbah terhadap warganya,” terang WIldan Solichin selaku Sekcam Berbah.
Dengan adanya proses pendataan E-KTP ini duplikasi kependudukan bisa dihindari, karena riskan digunakan penipuan dan kejahatan oknum tak bertanggung jawab. Dengan E-KTP tersebut ada satu identitas resmi untuk mendeteksi warga agar tidak memiliki kependudukan ganda dan mudah dicek kebenarannya. “Selain itu untuk meminimalisir kesalahan identitas, dan urusan administrasi birokrasi pemerintahan, adanya E-KTP ini kita akan dipermudah,” kata Sekcam Berbah tersebut.
Syaiful hermawan/ c11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s