Harga Bumbu Pala Melonjak

Harga Bumbu Pala Melonjak
PRAMBANAN – Menjelang H-3 lebaran Idul Qurban, Pasar Prambanan sudah terlihat mengalami peningkatan pembeli. Sebagian besar pengunjung berminat membeli bumbu gulai guna persiapan masakan di hari Idul Qurban mendatang. Melihat perayaan sudah dekat, pasokan bumbu rempah-rempah mengalami peningkatan dan juga tusuk sate.
Untuk satu racikan bumbu sate/gulai berisi kunir, jahe, laos, salam, serai, daun jeruk perut, kencur, ketumbar, kayu manis, cengkeh, merica, jinten, dan kapulaga, berkisar Rp 1.000. Harga tersebut bukan harga mati yakni bisa sesuai dengan permintaan pembeli tergantung besar kecilnya jumlah bumbu yang dibeli. Untuk tusuk sate perikat dengan isi 80 batang tusuk dijual dengan harga Rp 1.500.
Namun untuk jenis rempah-rempah seperti Pala, harga di pasar Prambanan meningkat yakni 1 kg mencapai Rp 100 ribu. “Saya beli bumbu pala seperempat saja sudah merogoh Rp 25.000,” ujar seorang pembeli bumbu Pala. Khusus lonjakan harga pala, sampai survey hari ini belum bisa diketahui sebabnya, namun kemungkinan besar karena bahan bumbu pala yang sulit diproduksi dan dicari apalagi kebetulan tepat menghadapi hari raya Idul Qurban tersebut.

“Animo masyarakat masih stabil, kami mulai mempersiapkan stok tusuk sate dan bumbu gulai lebih banyak lagi dari hari biasanya,” ujar Tini selaku pedagang kepada Radar Jogja. “Untuk memenuhi kebutuhan pembeli, saya kira saat Idul Qurban ini stok bumbu rempah-rempah dan tusuk sate masih cukup,” tambahnya pada kemarin (4/11).
Sementara itu harga bahan sembako lainnya malah relatif stabil seperti cabe merah besar perkg Rp 24.000, cabe rawit mencapai Rp 12.000. Telur lehorn mencapai perkg Rp 13.000 dengan perbutir 900, bawang putih perkg Rp 10.000, bawang merah perkg Rp 10.000, minyak perkg Rp 9.000, beras mencapai perkg Rp 7.500.
Harga bahan sembako tak berpengaruh saat menjelangnya hari Idul Qurban yang jatuh hari Minggu mendatang. Tidak ada kenaikan signifikan, belum ada lonjakan kenaikan yang tak wajar, kecuali harga bumbu pala tersebut.

Syaiful Hermawan /c11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s