Mahasiswa dan Penghijauan

Hijaukan Bantaran Kali Opak
SLEMAN – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup pada 20 Desember mendatang, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang tergabung dalam Rumpun Biologi dan Kimia (Rubik) melakukan gerakan tanam seribu pohon di Bantaran Kali Opak, dusun Grembyangan, Madurejo, Prambanan kemarin (11/12).
Dosen pembimbing Jurusan Kimia Saintek UIN Sunan Kalijaga Artanti Melly mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di sekitar bantaran Kali Opak. “Bibit yang kita dapatkan dari Dinas Kehutanan Provinsi DIY dan Pemkab Sleman sekitar 1000 bibit,” terangnya kepada Radar Jogja.
“Ada 50 mahasiswa biologi dan kimia serentak menanam bibit pohon seperti Mahoni, Kejambon, Sengon, Gayam, dan Ketapang,” tambah Artanti.
Ketua panitia Rubik Sunardi Rahman mengungkapkan, gerakan penanaman ini menumbuhkan nilai-nilai kepedulian kepada lingkungan. “Kita ingin menyentuh aspek moral di antara mahasiswa dengan masyarakat, alam sekitar dan juga individu masing-masing agar selalu mengingat pentingnya penghijauan,” ujarnya.

“Mengingat kemarin akibat erupsi merapi yang sebagian pasir lhaanr dinginnya melanda bantaran Kali Opak dan bila tidakada antisipasi bisa menyebabkan pendangkalan dan meluap ke area persawahan warga,” tambah mahasiswa Kimia angkatan 2010 tersebut.
Camat Prambanan Sukamto mengatakan penanaman ini didukung sepenuhnya pihak kecamatan Prambanan mengingat bantaran Kali Opak di Grembyangan ini adalah cadangan air untuk konservasi air dan irigasi warga sekitar.
“Untuk menjaga kelestarian sungai Kali Opak ini, tanaman yang lebat di bantaran mejadikan akarnya mampu memperkuat tanah agar tidak mudah longsor, sehingga tidak mudah terkikis air, dan tanaman paling tepat akarnya kuat seperti Jambon dan Gayam,” terangnya kepada Radar Jogja.
Mahasiswi kimia Deci Siti Nurhalimah menyambut antusias kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dan penghijauan kembali dengan teratur, menanam seribu pohon sehingga mencegah terjadi erosi dan menghijaukan sekaligus menyejukkan daerah tersebut.
“Kita menanam hari ini pasti kelak akan memetik manfaatnya di tahun-tahun mendatang, sekaligus sebagai wahana silaturahmi gorong-royong mahasiswa dengan masyarakat dusun Grembyangan dan refreshing bersama teman-teman,” ujarnya. (ful)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s