Berbagi untuk korban Banjir Sumatra Barat

Berbagi untuk korban Banjir Sumatra Barat

SLEMAN – Banjir bandang yang meluluhlantakkan enam kecamatan di Pesisir Selatan, Sumbar pada 3 Oktober lalu mengundang rasa keprihatinan dari para relawan di Yogyakarta, di antaranya Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammdiyah Pusat bekerjasama dengan Lazismu. Secara simbolis penyerahan bantuan dilaksanakan di PP Muhammadiyah pusat pada kemarin (9/11).
Bantuan berupa selimut dan Family Kids (pasta gigi, sabun mandi, detergen, dan shampoo) menjadi prioritas utama untuk warga yang mengungsi di posko. “Mulai dari kemarin kami sudah kirimkan bantuan logistik family kid sebanyak 1000 paket, hari ini akan dikirimkan lagi 1000 paket selimut untuk warga banjir di Sumbar,” Terang Budi Santosa selaku Koordinator Tanggap Darurat MDMC PP Muhammadiyah tersebut.
Barang-barang tersebut akan dikirim ke wilayah Sumatra Barat yang paling parah terkena banjir yakni Di Nagari Pasir Putih dan Rantau Simalenang. “Dari dua wilayah itu terdapat sekitar 3938 jiwa yang membutuhkan pertolongan secepatnya, sementara kami putuskan untuk optimalkan di dua titik tersebut agar bantuan bisa maksimal” ujarnya kepada Radar Jogja.

Pasca banjir bandang tersebut ditemukan kerusakan fisik hampir sebagian besar bangunan roboh, dan sudah berkembangbiak penyakit seperti diare, muntaber tercemar bakteri air kotor.
Koordinator Relawan MDMC Indrayanto mengatakan warga di sana sudah mulai kewalahan akan krisis air bersih dan penyakit diare yang menyerang beberapa warga. Selama pasca banjir, warga menggunakan air dari suplai dari PU setempat. “Selain selimut dan Family Kids, paling cepat dua hari kedepan akan disuplai air ke sana,” terangnya kepada Radar Jogja.
“Untuk persediaan air bersih akan didropping di delapan titik, yakni di Di Nagari Pasir Putih, Rantau Simalenang, Bukik Baciak, Danau, Luar Parit, Kota Langang, Kota Marapak, dan Durian Pandaan,” tambahnya. Proses tanggap darurat tersebut akan dilakukan selama 60 hari.
Bantuan ini dari PP Muhammadiyah Pusat untuk penanggulangan bencana skala nasional seperti banjir bandang di Sumbar ini. “Kami dari PP Muhammadiyah Pusat menangani langsung untuk terjun mengirimkan bantuan, dan melakuakn recovery dan rehabilitasi dengan penguatan stabilitas ekonomi, psikososial anak-anak dan sekolah formal dan nonfolmal untuk masyarakat pasca bencana,” terang Budi Santosa selaku Koordinator tanggap darurat tersebut.
Kegiatan ini dalam rangka membantu peran pemerintah daerah maupun pusat yang bersama-sama menanggulangi bencana skala nasional ini dengan tujuan meringankan kondisi masyarakat Sumbar pasca bencana banjir bandang ini. “ Kita sepakat, tidak hanya pemerintah saja yang berkewajiban menolong, tapi semua elemen LSM dan tim relawan bahu membahu membantu meringankan penderitaan saudara kita yang berada di Padang, Sumatra Barat,” tambah Budi Santosa.
Sedikitnya MDMC menerjukan 30 orang di dua titik tersebut. “Selain itu kami terjunkan dari tim relawan MDMC Sumbar, dan tim medis adjustment dari Muhammadiyah Palembang untuk menindaklanjuti program di sana selama 60 hari kedepan, “ ujar Indrayanto selaku ketua tim relawan. “ Tidak lupa, medis Aisiyah Padang untuk pendampingan anak-anak pada program psikososial, “ tambahnya.
Ranah program MDMC tersebut meliputi relawan Sar, persediaan logistik, penguatan psikososial, dan medis obat-obatan, yang kesemua itu akan dipraktekkan langsung di Sumatra Barat pasca banjir bandang lalu. Dengan dibangunnya posko bantuan di sana, warga mampu terbantu dan mendapat pertolongan selayaknya. Dari data tim survey MDMC ditemukan di dua tempat itu terdapat 31 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan, 1 sekolah dan kantor hancur, dan semua warga masih mengungsi karena air masih merendam rumah mereka, kebanyakan rumah terendam lumpur, korban jiwa meninggal 6 orang, selain itu sebagian besar warga masih menggunakan perlengkapan seadanya di posko bantuan.

Syaiful Hermawan /c11 /jawapos radarjogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s