Koella -Bersamamu dan terluka-


Judul Buku: Koella -Bersamamu dan terluka-
Penulis: Herlinatiens
Cetakan: 1, Januari 2006
Penerbit: Pinus
Tebal: 272 hlm

Koella

Seorang gadis bernama Koella. Ia mencintai lelaki Smesta Mahawirya namanya. Biasa dipanggil Esta. Namun sayang, Esta adalah seorang taruna. Dan Koella terlanjur dicap sebagai anak PKI. Ia termasuk anak yang di PKI kan. Namun hal itu tak menyurutkan semangat cinta di dalam Koeel untuk memiliki Esta. Meski terus di desa keputusasaan tapi ia terus berjuang menyelamatkan kisah cintanya.

Dalam buku ini diceritakan bagaimana segala upaya Koella untuk menyingkirkan penderitaan karena kesepian ditinggal Esta yang sedang melanjutkan akademi militer bergelar Letda. Hingga hanya surat-surat yang dikirimkan, mampu membuat ia bertahan menghadapi kenyataan yang ada.

Novel yang ditulis Herlinatiens ini agak berbeda dengan novel-novel sebelumnya. Seperti novelnya Garis Tepi Seorang Lesbian yang mengungkap cinta kontroversial dalam masyarakat kita. Tapi novel tersebut malah best seller. Novel barunya ini, Koella menggambarkan ironis kritik terhadap pemerintah kita terhadap sebuah partai terlarang sebut saja PKI. Hingga dosanya yang amat besar harus dipikul pundak anak hingga keturunannya.

Dalam novel ini, Herlinatien ingin memperlihatkan kenyataan yang sebenarnya, dari manapaun ia, suku, bangsa, partai, agama meski bermajemuk tapi tidak bisa membatasi akan kebesaran cinta. Cintalah yang memilih. Tak peduli ia anak PKI, anak Masyumi atau anak tentara sekalipun pasti akan merasakan cinta. Karena cinta adalah manusiawi. Begitu juga Koella dan Esta. Dua insan yang saling mencintai yang harus sembunyi-semubunyi dalam memadu asmara. Belum lagi pikiran kalau mereka nanti jadi menikah, apa kata orang. Karena latar belakang mereka yang sangat bertolak tajam menurut pandangan masyarakat kita yang telah men-cap doktrin bahwa PKI, adalah haram.

Konflik antar pesonal dan kelompok terjadi dalam novel ini. meski demikian hal itu malah menjadi sesuatu menarik yang layak untuk dibaca. Karena karya sastra, seperti novel harus memenuhi syarat dasarnya yaitu memuat konflik dan penyelesaiannya.

Dalam buku ini, gaya bahasanya yang digunakan cukup sederhana tapi tak mengurangi kualitas makna. Meski penuturannya terkesan “konvensional” tapi tak menjadikan novel Herlinatiens ini menjadi kering. Tapi malah sebaliknya meberi rasa kesegaran karena telah berani memuat realitas yang ada dalam sejarah bangsa kita. Penulis mencoba menggabungkan informasi dari sejarah masa silam dengan imajinasi percintaan yang begitu romantis. Mengutip pernyataan penulis, Tuhan telah memaafkanku dengan mencintaimu, melebihi cintaku padaNya.

Buku ini asyik dibaca untuk memberi pengertian pada khalayak yang lagi dimabuk asmara dan juga para orang tua yang masih mengikuti tradisi “Siti Nurbaya” untuk anak-anak mereka.

2 responses to “Koella -Bersamamu dan terluka-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s